RAKERCAB LUMAJANG TAHUN 2023

 

RAKERCAB LUMAJANG TAHUN 2023



Oleh Burhan Mahbub

Sekretaris Kwarran Gucialit

Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Lumajang tahun 2023 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Glagah Arum Senduro pada hari Sabtu 25 Februari 2023. Dihadiri oleh beberapa unsur Andalan Cabang, Andalan Ranting, Pimpinan Saka, Pimpinan Sako dan undangan. Untuk pengurus Kwarran ada 21 Kwarran di kota Lumajang yang hadir 19 Kwaran,. Sedangkan ada 2 Kwarran yang tidak hadir yakni Kwarran Randuagung dan Kwarran Tempursari. Masing-masing Kwarran dihadiri oleh 3 orang yakni Ketua Kwarran, Sekretaris Kwarran dan  ketua Dewan Kerja Ranting (DKR). Untuk saka masing-masing saka diwakili satu orang begitu juga dengan SAKO diwakili satu orang.

Tahun 2022 merupakan tahun keempat dari masa bakti banyak kegiatan yang telah dilaksanakan dan banyak prestasi yang telah diraih baik oleh anggota pramuka pembina Pramuka Gugus Depan dan Kwartir. Hal ini perlu ditingkatkan dan dipertahankan mengingat kwartir cabang Gerakan Pramuka Lumajang berpredikat sebagai Kwartir Cabang tergiat kedua se-Jawa Timur. Untuk itu perlu komitmen yang tinggi bagi pengurus waktu cabang gerakan Pramuka Lumajang dan seluruh anggota di Kabupaten Lumajang.

Kita pahami bersama bahwa rapat kerja yang dilaksanakan setiap tahun merupakan forum dalam gerakan Pramuka yang berfungsi sebagai pengendali mekanisme organisasi dan sekaligus sebagai evaluasi pelaksanaan program kerja untuk mewujudkan visi dan misi organisasi serta menjadi forum penyusunan program kerja di masa yang akan datang sesuai kebutuhan saat ini.

Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Lumajang tahun 2023 menjadi ajang evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2022. Besar harapan forum ini menjadi ajang yang efektif untuk melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan program kerja di masa yang akan datang. Berbagai masukan yang membangun terus ditunggu guna penyempurnaan pelaksanaan program.

Opening ceremony dimulai sekitar jam 08.00 WIB, dilanjut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta dipimpin oleh kak Indah Masdar. Doa dipimpin oleh kak Dipo Eruman. Berikutnya laporan ketua panitia yang disampsikan oleh kak Dr. Muchammad Taufik, SH, MH, CLMA. Dalam laporannya  Disampaikan ada 19 Kwarran yang hadir,  2 pin SAKO dan 5 PINSAKA serta juga beberapa undangan OPD.

Sambutan ketua Kwarcab Lumajang sekaligus membuka secara resmi RAKERCAB 2023 oleh kak Bunda Indah Masdar (Wakil Bupati Lumajang). Dalam sambutannya beliau menyampaikan Evaluasi kerja 2022 dan rencana kerja 2023. Evaluasi apabila mau mengadakan RAKERCAB tahun 2024, maka pelaksanaannya  di bulan Desember 2023. Jadi betul-betul ada kesiapan yang matang untuk menghadapi rencana kerja tahun depannya.. Keaktifan pengurus Kwarran perlu dievaluasi apabila ada yang tidak aktif dan diundang tidak hadir tanpa keterangan perlu ditindaklanjuti.  Karena Pramuka harus senang, karena Pramuka harus diurusi dengan senang hati atas dasar niat ibadah untuk mengabdi di dunia pendidikan kepanduan.

Pramuka Garuda itu sangat istimewa,. Bukan dari segi kuantitas, diupayakan juga melihat sisi kualitas. Harapan/mimpinya, ada  Pramuka Garuda sekitar 50 orang diberikan seragam dan buat pasukan khusus untuk pasukan drumband Pramuka Garuda yang tampak lebih keren dan mempromosikan Pramuka Garuda secara luas di masyarakat. Beliau juga menyampaikan untuk lebih berkembang Bumi Perkemahan Glagah Arum akan beralih ke PT. Nantinya pemilik saham terbesar adalah Pramuka/kwarcab, sekitar 90 persen milik pramuka dan sisanya 10% ditawarkan ke pihak lain.

Seusai opening ceremony peserta diberi waktu untuk istirahat beberapa menit sedangkan panitia menyiapkan kegiatan acara persidangan. Meliputi (1) sidang pendahuluan, Yani pembahasan jadwal kegiatan. Acara persidangan dipimpin oleh kak Taufik, dilanjut sidang kedua yakni, (2) paparan laporan program kerja 2022, program kerja 2023 yang disampaikan oleh sekretaris Kwarcab Kak Priyo Utomo, SH. (3) paparan teknis kegiatan bina muda, yang disampaikan oleh Waka Binamuda yang disampaikan oleh kak Sofyan Hanafi. (4) paparan teknis kegiatan binawasa yang disampaikan oleh Waka binawasa dalam hal ini disampaikan oleh kak Niken Nurwat, SPd., MM selaku ketua Pusdiklatcab Jonggring Saloka. (5) paparan teknis kegiatan Orkum, (6) paparan teknis kegiatan keuangan usaha dan sarpras, (6) paparan teknis kegiatan humas dan abdimas oleh Waka Humas dan abdimas, (7) paparan rekomendasi seat barcab 2023 disampaikan oleh ketua DKC Lumajang yakni Kak Afifudin. Dilanjut dengan tanya jawab diskusi panel yang dipimpin oleh pimpinan sidang atas feedback dari peserta 2023. Acara persidangan ini ditutup dengan pembacaan hasil rekomendasi.

Sekitar jam 11.00 WIB acara penutupan Rakercab 2023 dilaksanakan. Sambutan pembina upacara disampaikan oleh kak Muhammad Taufik. Dan diakhiri dengan menyanyikan lagu bagimu Negeri. Upacara penutupan selesai acara dilanjut dengan ramah tamah para hadirin peserta 2023 diajak untuk menikmati makan siang bersama. Besar harapan program kerja di tahun 2023 mendapatkan dukungan penuh dari seluruh Kwarran yang ada sehingga kegiatan di tahun 2003 berjalan dengan sukses dan lancar, dan memberi kemanfaatan bagi seluruh anggota pramuka Lumajang, aamiinn. BM


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama